Rabu, 16 September 2015


Persebaran Fauna di Dunia

Wilayah pesebaran hewan pertama kali diperkenalkan oleh sclater ( 1858 ),      selanjutnya dikembangkan oleh Huxley ( 1868 ) dan oleh Wallace ( 1876 ). Menurut     Alfret Russel Wallace, persebaran fauna di dunia di kelompokan menjadi enam  wilayah, yaitu Neartik, Australis, Oriental, Paleartik, dan Etiopian.

 
 
1. Wilayah Neartik
Wilayah Neartik meliputi seluruh wilayah Amerika Utara dan selurh daerah  Greenland. Amerika Utara bagian timur terdiri atas hutan gugur, Amerika Utara bagian tengah terdiri atas padang rumput, dan Amerika Utara bagian Utara terdiri atas Hutan Konifer yang luas. Hewan yang terdapat di wilayah Neartik antara lain antelop bertanduk cabang tiga, sejenis tupai dari Amerika Utara ( prairie dog ),  kalkun, salamander, bison dan karibao ( karibu ).
 
 
 
 
 

 
 

 

 
 
 
 
 
 
 
2. Wilayah Neotropik
Wilayah ini meliputi Meksiko bagian selatan sampai Amerika bagian selatan dan  tengah. Di wilayah ini sebagian beriklim tropis dan di zona selatan beriklim sedang.Hewan yang terdapat di wilayah ini ntara lain : kukang, armadillo, alpaka,  kelelawar pengisap darah, orang hutan, siamang, trenggiling, menjangan, sejenis babi,kuda, tapir dan kera

 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 

3.Wilayah Australis

Yang meliputi Australis, Selandia Baru, Irian, dan Maluku serta pulau-pulau                disekitarnya.Hewan yang hidup di wilayah ini antara lain kangguru, trenggiling, koala, kasuari, cenderawasih, kiwi, kura- kura, buaya, kakatua,burung penghisap madu dan   burung emu.
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4.Wilayah Paleartik

Wilayah Palertik meliputi hampir seluruh daratan eurasia dan beberapa daerah tertentu,           anatar lain Himalaya, Afganistan, Afrika Ingris dan Jepang. Hewan yang hidup antara                        lain bison, landak, kucing kutub, dan menjangan kutub

landak
 
 
 

5. Wilayah Oriental
Wilayah Oriental meliputi Benua Asia beserta pulau-pulau nya yang berdekatan seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulewesi, Srilangka, dan Filipina. Sebagian  besar wilayah ini beriklim tropis.
Hewan spesifik di wilayah ini antara lain hariamu, gajah, gibon, orang utan, dan badak bercula satu.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 6. Wilayah fauna Ethiopian
meliputi seluruh benua Afrika, Madagaskar dan daratan Arab bagian selatan Di bagian utara wilayah Ethiopian terdapat Gurun Sahara  Gurun ini menjadi barier atau pembatas antara wilayah Ethipian dengan wilayah Paleartik.
Wilayah Ethiopian memiliki kurang lebih 160 vertebrata darat, dan memiliki beberapa fauna khas   Fauna khas di wilayah daratan Afrika yaitu gajah, singa, cheetah, hyena, jerapah, zebra, unta dan badak afrika. Fauna yang mirip dengan daerah Oriental adalah jenis kucing dan anjing, lemur, baboon, gorila dan simpanse. sedangkan  Fauna khas pulau Madagaskar misalnya kuda nil kecil (Pygmyhippopotamus) dan beberapa burung endemik seperti burung gajah besar.
 

 
 
 
 
 
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar